Dampak Pola Asuh Otoriter Orang Tua Terhadap Kepercayaan Diri Anak Didik

Authors

  • Asia Asia Sekolah Tinggi Teologi Berita Hidup, Karanganyar
  • Yesa Cinta Sekolah Tinggi Teologi Berita Hidup, Karanganyar
  • Kristiani Kristiani Sekolah Tinggi Teologi Berita Hidup, Karanganyar

Abstract

This research aims to explore the impact of parents' authoritarian parenting styles on students' self-confidence, with a focus on understanding how this parenting approach influences children's psychological and emotional development. In this research, the author used a comprehensive literature review method, analyzing various previous studies that discussed the relationship between authoritarian parenting and children's self-confidence. This approach includes identifying the characteristics and aspects of authoritarian parenting, as well as the psychological impacts it produces, such as anxiety, fear of failure, and social withdrawal. By understanding this connection, it is hoped that this research can provide meaningful insight for parents, educators and other related parties regarding the importance of more democratic and supportive parenting. In addition, this research also aims to formulate effective intervention strategies to help children raised in authoritarian environments to develop healthy and positive self-confidence. It is hoped that the results of this research can contribute to improving parenting practices and creating a generation of children who are more confident, independent and able to face future challenges.

Author Biographies

Yesa Cinta, Sekolah Tinggi Teologi Berita Hidup, Karanganyar

 

 

 

Kristiani Kristiani, Sekolah Tinggi Teologi Berita Hidup, Karanganyar

 

 

 

References

Afiif, Ahmad, and Fajriani Kaharuddin. 2015. “Perilaku Belajar Peserta Didik Ditinjau Dari Pola Asuh Otoriter Orangtua.” AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam 2(2):287–300.

Agustina, Arini, and Idawati Idawati. 2019. “Pola Asuh Orang Tua Dalam Mencegah Perilaku Pergaulan Bebas Remaja Desa Krueng Geukuh Kecamatan Dewantara.” Jurnal Serambi Akademica 7(5):685–94.

Amin, Abdul. 2018. “Hubungan Kepercayaan Diri Dengan Penyesuaian Diri Pada Remaja.” Jurnal Psikologi: Jurnal Ilmiah Fakultas Psikologi Universitas Yudharta Pasuruan 5(2):79–85.

Anisah, Ani Siti. 2017. “Pola Asuh Orang Tua Dan Implikasinya Terhadap Pembentukan Karakter Anak.” Jurnal Pendidikan UNIGA 5(1):70–84.

Arifianto, Yonathan Alex. 2020. “Pentingnya Pendidikan Kristen Dalam Membangun Kerohanian Keluarga Di Masa Pandemi Covid-19.” Regula Fidei : Jurnal Pendidikan Agama Kristen 5(2):94–106. doi: 10.33541/RFIDEI.V5I2.52.

Enda, Andriarto Kapu. 2017. “POLA ASUH OTORITER DALAM MENDIDIK ANAK DI KELUARGA DI GKS KAMBAJAWA.” Jurnal Shanan 1(1):109–35.

Fitriani, Listiya. 2015. “Peran Pola Asuh Orang Tua Dalam Mengembangkan Kecerdasan Emosi Anak.” Lentera 17(1).

Gustian, Diki, and others. 2018. “Pola Asuh Anak Usia Dini Keluarga Muslim Dengan Ibu Pekerja Pabrik.” Ta Dib Jurnal Pendidikan Islam 7(1):370–85.

Harahap, Dinda Permatasari, and others. 2023. “Hubungan Antara Pola Asuh Otoriter Dengan Kepercayaan Diri Remaja Generasi Z Di Kelurahan Kota Matsum I Medan.”

Jatmikowati, Tri Endang. 2018. “Efektifitas Komunikasi Orang Tua Terhadap Kepribadian Intrapersonal Anak.” Pedagogi: Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini 4(2):1–15.

Khairina, Nabila Safira, and Oedojo Soedirham. 2022. “Pola Asuh Orang Tua Dan Tingkat Kepercayaan Diri Pada Anak: Literature Review.” Jurnal Ilmiah Permas: Jurnal Ilmiah STIKES Kendal 12(4):853–62.

Kia, A.Dan, and Erni Murniarti. 2020. “Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Dalam Peningkatan Prestasi Belajar Anak.” Jurnal Dinamika Pendidikan 13(3):264–78.

Kusuma, Rizky Anggalia, and Henry Aditia Rigianti. 2023. “PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA DALAM MENINGKATAN PRESTASI BELAJAR ANAK.” Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang 9(4):387–404.

Larasani, Novita, Indra Yeni, and Farida Mayar. 2020. “Hubungan Pola Asuh Orangtua Dengan Kepercayaan Diri Anak Usia Dini Di Taman Kanak-Kanak.” Jurnal Pendidikan Tambusai 4(3):2368–74.

Macarau, Vivilia Vivone Vriska, and Kalis Stevanus. 2022. “Peran Orangtua Dalam Upaya Menumbuhkan Rasa Percaya Diri Anak Usia Dini.” EDULEAD: Journal of Christian Education and Leadership 3(2):153–67.

Maghfiroh, Ana. 2015. “Teaching with Heart; Mendidik Anak Tanpa Hukuman.”

Mardiah, Lisda Yuni, and Syahrul Ismet. 2021. “Dampak Pengasuhan Otoriter Terhadap Perkembangan Sosial Anak.” JCE (Journal of Childhood Education) 5(1):82–95.

Muhtarom, Muhtarom, Nyimas Atika, and others. 2023. “Dampak Pola Asuh Otoriter Orang Tua Terhadap Kedisiplinan Belajar Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Nurul Iman Di Desa Beringin Makmuri.” Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK) 5(1):253–64.

Muslima, Muslima. 2015. “Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kecerdasan Finansial Anak.” Gender Equality: International Journal of Child and Gender Studies 1(1):85–98.

Rahayu, Kharisma Febilda, and Ahmad Fauzan Azima. 2025. “Pengaruh Ketidak Bebasan Anak Dalam Bermain.” Jurnal Riset Multidisiplin Edukasi 2(5):83–97.

Rahman, Arief, Revita Yanuarsari, and Ella Dewi Latifah. 2022. “Tipe Pola Asuh Orang Tua Yang Berpengaruh Terhadap Kepercayaan Diri Anak.” Jurnal Pendidikan Anak 8(2):83–93.

Rohmah, Jazilah. 2018. “Pembentukan Kepercayaan Diri Anak Melalui Pujian.” Martabat 2(1):117–34.

Sari, Chintia Wahyuni Puspita. 2020. “Pengaruh Pola Asuh Otoriter Orang Tua Bagi Kehidupan Sosial Anak.” Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK) 2(1):76–80.

Sofia, Ari, and Maria Goretti AdiyantI. 2013. “Hubungan Pola Asuh Otoritatif Orang Tua Dan Konformitas Teman Sebaya Terhadap Kecerdasan Moral.” Jurnal Pendidikan Progresif 4(2):133–41.

Sunarty, Kustiah. 2016. “Hubungan Pola Asuh Orangtua Dan Kemandirian Anak.” Journal of Educational Science and Technology (EST) 2(3):152.

Suryana, Dadan, and Riri Sakti. 2022. “Tipe Pola Asuh Orang Tua Dan Implikasinya Terhadap Kepribadian Anak Usia Dini.” Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 6(5):4479–92.

Susianti, Novita, and Dina Hidayati Hutasuhut. 2022. “Hubungan Antara Pola Asuh Otoriter Dengan Kepercayaan Diri Siswa Kelas XI SMA Setia Budi Abadi Perbaungan TA 2021/2022.” Cybernetics: Journal Educational Research and Social Studies 84–94.

Taib, Bahran, Dewi Mufidatul Ummah, and Yuliyanti Bun. 2020. “Analisis Pola Asuh Otoriter Orang Tua Terhadap Perkembangan Moral Anak.” Jurnal Ilmiah Cahaya Paud 2(2):128–37.

Umrati and Hengky Wijaya. 2020. Analisis Data Kualitatif Teori Konsep Dalam Penelitian Pendidikan. Sulawesi Selatan: Sekolah Tinggi Theologia Jaffray.

De Vega, Asla, Hapidin Hapidin, and Karnadi Karnadi. 2019. “Pengaruh Pola Asuh Dan Kekerasan Verbal Terhadap Kepercayaan Diri (Self-Confidence).” Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 3(2):433–39.

Yasir, Muhamad, and Susilawati Susilawati. 2021. “Pendidikan Karakter Pada Generasi Alpha: Tanggung Jawab, Disiplin Dan Kerja Keras.” Jurnal PkM (Pengabdian Kepada Masyarakat) 4(3):309–17.

Zahara, Siti, and Widya Masitah. 2023. “Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kepercayaan Diri Anak Usia Dini.” PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 7(1):64–81.

Downloads

Published

2025-07-31

How to Cite

Asia, A., Cinta, Y. ., & Kristiani, K. (2025). Dampak Pola Asuh Otoriter Orang Tua Terhadap Kepercayaan Diri Anak Didik. GRAFTA: Journal of Christian Religion Education and Biblical Studies, 5(1), 26–38. Retrieved from https://grafta.stbi.ac.id/index.php/GRAFTA/article/view/103